Bentrokan Polisi Vs Masyarakat Lembak PUT


Beberapa minggu kemarin terjadi bentrokan antara pihak kepolisian rejang lebong dengan masyarakat lembak, yang mengakibatkan banyak kerugian materi dan jiwa. dimana salah satu masyarakat lembak PUT meninggal dunia, beberapa orang pihak kepolisian dan warga kritis dan banyak pihak yang masuk dalam kategori cidera ringan.

Itu hanya sebuah pengantar (feed back) tentang kisah yang akan saya publikasikan pada hari ini. karena yang menjadi persoalan pada saat ini adalah akibat dari kerusuhan itu sendiri dimana jalan lintas antara Rejang Lebong - Lubuk Linggau yang merupakan daerah PUT tempat kejadian perkara pada saat ini bisa jadi dikatakan sebagai zona yang mengerikan bagi warga maupun sopir travel dan angkutan umum. pasalnya, semenjak pasca bentrokan antara Polisi dan Warga lembak, daerah tersebut yang sebelumnya telah dikenal sebagai daerah rawan perampokan dan kejahatan kini semakin marak terjadi pemalakan oleh pihak warga lembak terhadap masyarakat yang melewati daerah tersebut.

Pasca bentrokan terjadi tercatat bahwa tingkat perampokan pada daerah tersebut semakin meningkat, terdapat 13 kali perampokan terjadi dalam satu hari. selain itu juga, pada daerah tersebut sekarang ini banyak sekali didirikan pos-pos oleh warga sebagai tempat pungutan liar (pungli) terhadap siapa saja yang melewati daerah tersebut. sungguh miris sekali, pungutan tersebut dilakukan dengan dibekali senjata tajam oleh pihak warga dan sudah dapat dibayangkan bagaimana jika ada masyarakat yang melewati daerah tersebut dan tidak mau memberi uang kepada mereka, pastinya akan ada lagi korban yang berjatuhan seperti sebelumnya.

Mengenai perkara ini belum terlihat adanya tindakan yang dilakukan oleh pihak yang berwenang, belum ada tindakan penertiban yang seharusnya merupakan tugas dari aparat keamanan itu sendiri. entah apa yang melatarbelakangi pihak berwenang tidak mau menertiban warga yang melakukan pungutan liar itu, mungkin takut atau mungkin juga punya strategi lain, dan kami berharap bahwa pihak keamanan dapat mengatasi masalah yang terjadi pada daerah tersebut dengan sesegera mungkin.

Kemudian kepada masyarakat yang ingin melewati jalan lintas Rejang Lebong - Lubuk linggau, saran saya adalah lewati daerah tersebut secara berkelompok, jangan sendirian. upayakan melewati daerah tersebut pada pagi dan siang hari, jangan sore dan malam hari.

Demikian postingan saya pada hari ini, semoga pihak Kepolisian Rejang Lebong dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan sesegera mungkin, tanpa melahirkan permasalahan yang baru.
amin.

0 komentar: